Minggu, 17 Juli 2016

Fakta menarik seputar alam semesta

Assalamualaikum Wr. Wb

Halo bro/sis dan teman teman sekalian.Kali ini saya mau ngeshare fakta fakta memukau tentang alam semesta.Yap,sebelumnya ane udah ngeshare tentang satelit satelit alami yang bisa aja hanya beberapa persen orang didunia ini yang tahu lho... :v

Kembali ke topik....
Kita mulai aja dari tata surya kita dulu ye...cekidot :v

1. Objek terbesar di tata surya.

Ya,kalau ini pasti semua tau dong.Kebangetan kalo gak tau :v
Yap,objek terbesar yang saya maksud di tata surya kita adalah matahari.Matahari memiliki diameter 109 x diameter bumi.Massa nya pun bukan main loh ....
3,3×10^5 massa bumi.Dan faktanya,bila kita gabungin tuh semua massa planet di tata surya,tetep ga bisa ngalahin massa matahari lho...






2. Perbedaan suhu korona dan fotosfer

Yap inilah kenyataan nya,fotosfer lebih rendah suhunya daripada korona matahari yang mencapai suhu sekitar 2.000.000 k.Padahal bila dipikirkan seharusnya korona memiliki suhu yang lebih rendah daripada fotosfer yang berada dipermukaan.Karena korona lebih jauh jaraknya ke inti sehingga mendapat panas yang kurang daripada fotosfer yang lebih dekat ke inti.





3. Keunikan venus

Aneh?? Kok aneh ?..
Ya aneh karena planet inilah yang memiliki arah rotasi yang berbeda dengan planet planet lainnya.
Emang planet lain arah rotasinya darimana ?
Rotasi planet planet termasuk bumi meniliki arah dari barat ke timur.Apabila kita liat dari kutub utara,maka bumi akan berputar berlawanan dengan arah jarum jam.Sedangkan,apabila dilihat dari kutub selatan,maka kita akan melihat perputaran searah jarum jam.
Namun,venus memiliki arah rotasi dari timur ke barat,sehingga apabila matahari terbit dari arah barat dan terbenam sebelah timur.




4. Planet terpanas

Banyak yang mengira bahwa merkurius lah yang memiliki suhu terpanas,karena jarak nya yang begitu dekat dengan matahari.Walaupun merkurius memiliki suhu 427 derajat.Eits ternyata adalagi planet yang lebih panas.Yap,dialah bintang kejora (venus).Ia memiliki suhu pada siang hari yang super duper ekstrim,suhunya mencapai 480 C.
Tau kenapa ??
Penyebabnya adalah banyaknya gas CO2 di atmosfer nya,sehingga membuat efek rumah kaca.







4. Kemiringan sumbu rotasi planet

Yap,mungkin hanya sedikit yang mengetahui kalo semua planet itu MIRING.disini ane mau ngebahas 3 planet yang memiliki kemiringan sangat besar 
Seperti : Bumi,uranus,dan venus.

A. Bumi

Bumi juga miring loh.Loh miring gara gara kenapa ?
Kalo mau tau ? Mari kita kembali pada saat bumi kita masih muda.Pada saat bumi masih muda,bumi ditabrak oleh bongkahan batu yang sangat besar.Tubrukan tersebut sangat keras dan besar sehingga membuat sumbu bumi menjadi miring 23,5 derajat.

B. Uranus

Planet uranus juga memiliki kemiringan sumbu.Kemiringan yang ia miliki lebih besar,yaitu sekitar 97 derajat lho.....
Kenapa ? Penyebab nya sama ama bumi.Sebuah peristiwa dahsyat yang mengubanya menjadi seperti sekarang.Ada teori yang menyatakan bahwa,dahulu ada sebuah cikal bakal planet seukuran bumi yang menabrak uranus.Teori lainnya menyatakan bahwa,dahulu uranus punya bulan yang gravitasinya dapat mengubah smbu rotasi nya menjadi miring.

C. Venus

Satu lagi fakta memukau yang terjadi pada venus.Selain memiliki arah rotasi yang searah jarum jam,ia juga memiliki kemiringan mencapai 180 derajat.Tepatnya venus memiliki kemiringan 177 derajat,sehingga wilayah kutub utara berada di wilayah kutub selatan,dan sebaliknya.





5. Planet terjauh

Sampai saat ini orang mengira pluto lah planet terjauh.Ternyata masih ada 3 planet kerdil seperti haumea,make nake,dan eris.
Yap eris lah yang menyandang sebagai planet terjauh saat ini.Ia berada jauh dengan matahari kita sehingga ia seperti raja kegelapan (asekk :v)
Eris memiliki jarak 10,1 miliar km,dan kala revolusinya 560,9 tahun.Eris bersama teman-temannya,pluto,haumea,dan make make adalah anggota KBO lho...





6. Satelit alami terbesar

Seperti yang sudah saya paparkan dipostingan sebelumnya,satelit terbesar dipegang oleh ganymede.Berikut daftar 5 satelit terbesar di tata surya:
A. Ganymede (5268 km)
B. Titan (5150 km)
C. Callisto  (4806 km)
D. Io (3630 km)
E. Bulan (3474 km)

7. Gunung terbesar di tata surya

Bila anda berpikir bahwa gunung everest adalah gunung tertinggi di tata surya,anda salah besar !
Karena ada sebuah gunung yang memiliki ukuran 3 x gunung everest.Ia memiliki ketinggian sekitar 24 km
WOW lebih dari tempat terdalam saat ini "Palung mariana"



8. Asteroid terbesar

Cerres,makanan ??
Bukan,cerres adalah sebuah asteroi terbesar.Ia memiliki diameter 950 km dan ia terletak di sistem tata surya bagian dalam.Ia juga disebut sebagai planet katai.





9. Bintang terdekat dari tata surya kita

Namanya Proxima centauri.Ia adalah bagian dari sistem 3 bintang,yaitu,alpha centauri A dan B.
Diantara 2 saudara nya,bintang proxima centauri ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari kaka kakanya.Proxima centauri adalah bintang katai merah yang memiliki Diameter 200.000 km dan memiliki massa sekitar 129 kali jupiter.Ia berjarak paling dekat dengan tata surya kita sekitar 4,2 tahun cahaya.Kawasan proxima centauri dapat menjadi zona layak huni lho....
Asalkan planet itu berjarak 0,023-0.054 SA dari bintang katai ini.




10. Bintang terbesar

Galaksi kita memiliki jutaan bintang,baik berukuran kecil sampai super duper raksasa.Kali ini ane mau ngebahas bintang terbesar dari 2 sisi,yaitu terbesar volumenya dan massanya
Berikut penjelasannya:

* Bintang terbesar volumenya

Bintang terbesar volumenya adalah Uy scuti.Memiliki volume nya 5 miliar kali matahari.Namun bintang ini memiliki massa tidak sebesar badannya,hanya 25-40 x massa matahari.





* Bintang terbesar massanya

Namanya bintang R136A1.Ia terletak di awan magellan besar,yap satelit galaksi kita.Ia memiliki massa super duper besar lho.Massanya diketahui sekitar 320 x matahari.




11. Galaksi terbesar

Ternyara galaksi kita ini bukan apa apa ,ternyata bimasakti adalah salah satu galaksi kecil di alam semesta.Walaupun bimasakti memiliki diameter 100.000 tahun cahaya,ternyata masih ada yang lebih besar.Yang saya maksud adalah galaksi IC 1101.Galaksi ini menampung trilyunan bintang di dalam nya,galaksi ini juga memiliki diameter 6 juta TAHUN CAHAYA dan berjarak 1 miliar tahun cahaya dengan bumi !
Wow jarak yang sangat jauh.





12. Galaksi terjauh

Ada galaksi terbesar,ada juga galaksi terjauh.Galaksi ini memiliki jarak yang maha jauh :v,karena diperkirakan ia berjarak 13 miliar tahun cahaya.Namanya adalah galaksi GN-Z11.Galaksi ini mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada milky way.Namun,di galaksi ini dapat menampung 20 kali lebih banyak bintang daripada di galaksi kita.Dibawah ini citra galaksi GN-Z11 yang ditangkap oleh teleskop hubble.


13. Black hole terbesar


Black hole atau lebih akrab di telinga kita dengan sebutan lubang hitam adalah sebuah objek yang berasal dari sebuah bintang yang kehabisan energi dan meledak.Ia memiliki gravitasi yang sangat vesar sampai cahaya pun tidak dapat lolos darinya.
Blackhole memiliki ukuran yang bermacam macam.Diperkirakan setiap pusat galaksi terdapat supermasif blackhole.Sejauh ini,manusia telah banyak menemukan black hole di tata surya.Dan ada salah satu blackhole yang sangat sangay sangat sangat besar,namanya adalah NGC 4889.Blackhole yang berada di konstelasi coma ini memiliki diameter 17 kali orbit neptunus '<' dan juga memiliki massa 21 miliar kali massa matahari.



14. Satelit bercincin

Jika kalian sudah membaca artikel saya sebelumnya,pasti kalian sudah tau jawabannya.Tapi gapapalah ane jelasin lagi.
Satelit saturnus ini memiliki cincin lho.Ia memiliki diameter sekitar 1500 km.Penemuan ini dideteksi oleh instrumen cassini.Jadi ngga planet aja yang punya cincin,satelit juga punya.






Demikian informasi yang dapat ane sampaikan.Maaf kalo masih banyak kekurangan pada artikel saya,dan semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita seputar alam semesta

TERIMAKASIH "<"

DIKUTIP DARI BERBAGAI SUMBER










Tidak ada komentar:

Posting Komentar