Kamis, 14 Juli 2016

Mengenal satelit satelit alami

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo guys,kali ini ane mau ngenalin nih ama satelit satelit alami ditata surya kita.Karena banyak dari kita yang hanya mengenal bulanlah satelit bumi.

Baik lah cekidot :v......

1.BULAN

Bulan,pasti sudah tidak asing lagi sama ni nama..
Ya inilah benda angkasa yang hampir setiap hari kita lihat pada malam hari.Bulan memiliki diameter 3474 km,dan memiliki jarak dengan bumi sekitar 400.000 km.Walaupun ukurannya yang lebih kecil dari bumi,bukan berarti bulan tidak memiliki efek apapun terhadap bumi.Karena efek gravitasinya,bulan dapat menyebabkan efek pasang surut air laut...   



2.PHOBOS

Itulah namanya,sebuah satelit alami planet merah atau lebih dikenal Mars ini mengorbit di radius 6000 km dan memiliki diameter 22,2 km.Menurut perkiraan dalam waktu 50 tahun mendatang,Phobos akan menabrak mars karena gerakan orbitnya yang semakin mendekati mars.





3.DHEIMOS

Ya,temennya phobos ini,ternyata memiliki diameter yang lebih kecil lo,sekitar 15 km saja.Walau begitu ia memiliki jalur orbit jauh untuk mengelilingi mars dibandingkan Phobos,sekitar 20.000 km.Deimos mengorbit mars dengan waktu 30 jam.







4.IO

Io inilah salah satu satelit dari keempat satelit nya jupiter.Io memiliki diameter 3630 km.Bulan ini memiliki warna warni.Ini dikarenakan muntahan lava vulkanik dari gunung gunung yang ada di satelit jupiter ini.







5.EUROPA

Nama satelit ini mirip dengan nama benua di dunia (itu eropa :v).Satelit ini memiliki diameter 3130.Permukaan europa mirip dengan daratan arktik kutub utara,permukaan nya memiliki es dan ngarai ngarai.Europa adalah daratan beku.





6.GANYMEDE

Ganymede adalah satelit terbesar di tata surya kita.Ia memiliki diameter lebih besar daripada bulan,yaitu 5.268 km.Satelit ini ditemukan oleh Galileo Galilei.




7.CALLISTO

Adalah salah satu bulan jupiter yang menyandang sebagai bulan terbesar ketiga di tata surya.Callisto memiliki diameter 4.820 km.Bulan ini juga ditemukan oleh Galileo galilei.



8.TITAN

Titan adalah satelit terbesar kedua di tata surya.Titan memiliki diameter 5.150 km.Di titan terdapat sungai,danau,dan laut.Tapi dalamnya bukan air lho...
Melainkan gas alam cair,dan banyaknya ratusan kali dibanding persediaan gas di bumi.Mungkin saja pada suatu hari nanti,manusia akan mengeksplorasi kekayaan alam di satelit ini untuk kepentingan umat manusia :v.






9.RHEA

Rhea adalah salah satu dari satelit saturnus.Ia memiliki diameter 1500 km.Tidak banyak yang tahu,ternyata rhea adalah satu satunya satelit yang mempunyai cincin.Penemuan ini berhasil di deteksi oleh instrumen cassini yang didesain untuk mempelajari atmosfer saturnus dan partikel-partikel yang ada di sekeliling satelit-satelitnya.




10.ARIEL

Ariel adalah salah satu dari ke lima satelit uranus.Ariel diyakini terdiri dari es dan bebatuan karena jauhnya jarak antara matahari dan satelit ini.





11.UMBRIEL

Umbriel,inilah namanya.Salah satu satelit uranus ini memiliki diameter 210 km,di permukaan nya terdiri dari es dan batu.Umbriel mempunyai permukaan yang tergelap daripada satelit uranus lainnya.Satelit ini juga memiliki permukaan paling berkawah kedua setelah Oberon.






12.TITANIA

Titania memiliki diameter 1.578 km.Ia adalah satelit terbesar planet uranus.Permukaan nya pun dipenuhi kawah.Ini disebabkan oleh benturan meteorit yang mendarat di titania dalam berbagai ukuran,mulai dari ukuran kecil,hingga besar.





13.OBERON

Oberon adalah satelit terbesar kedua uranus.Diameter oberon adalah 920 km dan mengorbit uranus dengan periode 13 hari.Satelit inilah yang paling banyak memiliki kawah dan cekungan-cekungan sehingga mirip dengan satelit bumi,bulan.





14.MIRANDA

Yap ini adalah satelit terakhir uranus yang akan kita bahas.Satelit ini memiliki diameter 470 km.Dipermukaan nya bamyak memiliki kawah,medan bergerigi,dan tebing tebing yang diperkirakan memiliki tinggi lebih dari 5 km.Selain itu ia memiliki diameter kutub ke kutub yang lebih panjang dari pada diameter khatulistiwanya.





15.TRITON

Triton adalah objek terakhir yang akan kita bahas,walaupun banyak sih sebenarnya satelit neptunus,tapi berhubung ane cape :v...ya ini aja
Balik ke topik.Triton adalah satelit neptunus yang memiliki diameter 2.706 km.Triton juga memiliki orbit yang berlawanan arah dengan rotasi planet induknya (neptunus) atau disebut obit retrograde.
Diperkirakan satelit ini adalah KBO (KUIPER BELT OBJECT) yang terperangkap gravitasi om neptunus :v.


     

Itulah beberapa satelit alami yang mungkin hanya sedikit orang yang tau akan hal ini.
Semoga bermanfaat

TERIMAKASIH ^<^

DIKUTIP DARI BERBAGAI SUMBER
















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar